Senin, 23 September 2013

MIKROTIK


         MIKROTIK adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

SEJARAH MIKROTIK
        Mikrotik ini didirikan pada tahun 1995 yang pada awalnya ditujukan untuk perusahan yang bergerak dibidang jasa layanan koneksi internet (ISP). Khususnya yang menggunakan teknologi jaringan wireless atau nirkabe, pada awal perkembangannya mikrotik ini diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins.
            John dan Arnis mulai merouting dunia pada tahun 1996 dimana misi mikrotik adalah merouting seluruh dunia dengan sistem linux
dan ms-dos yang dikombinasikan dengan teknologi wireless LAN aeronet dengan kecepatan 2mbps di moldova. prinsip dasar mikrotik adalah membuat program router yang handal sehingga dapat dijalankan diseluruh dunia.
            Di negara latvialah John dan Arnis pada mulanya melakukan eksperimen, Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama denag bantuan 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Demikinlah sedikit sejarah perkembangan mikrotik yang bisa saya sampaikan semoga bagai para pembaca dapat memahaminya.
            Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika kamu ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap. Secara singkat dapat digambarkan jelaskan sebagai berikut:
Level 0 (gratis): tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi  selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
Level 1 (demo): pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
Level 3: sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
Level 4: sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
Level 5: mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
Level 6: mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.

Jika kamu ingin sekedar untuk mencoba-coba silakan gunakan Level 1 sebagai awal. Sedangkan untuk kamu yang ingin menggunakan seluruh fitur dari Mikrotik maka mau tidak mau kamu harus membeli lisensinya.



BERAPA HARGA LISENSI MOKROTIK ???
Dibawah ini adalah harga standar jika kamu membeli langsung dari Mikrotik, yaitu:
Level 0 : gratis tanpa harus registrasi namun hanya untuk 24 jam penggunaan.
Level 1 : gratis untuk demo, namun harus melakukan registrasi di website resmi Mikrotik.
Level 3 : gratis, juga harus lakukan registrasi.
Level 4 : berbayar, harga $45.
Level 5 : berbayar, harga $95.
Level 6 : berbayar, harga $250.
Saat ini versi Mikrotik telah mencapai versi 3, namun masi tersedia juga versi lama yang terakhir adalah versi 2.9.51. Mikrotik hanya didistribusikan dalam bentuk berkas atau FIle yang dapat diunduh atau download dari website resmi mereka di http://www.mikrotik.com/download/html. Ukuran file versi 3.07 adalah sekitar 21.63 Mb sedangkan versi 2.9.51 adalah 15.09 Mb.

SARAT INSTALASI MOKROTIK 
Mikrotik dapat di install di PC dengan menggunakan beberapa cara, yaitu:
ISO Image; menggunakan Compact Disc (CD) instalasi. Silakan download file berekstensi .ISO yang tersedia dan kamu harus “membakarnya” ke dalam media CD kosong.
NetInstall; melalui jaringan komputer (LAN) dengan Satu Disket, atau menggunakan Ethernet yang mendukung proses menyalakan komputer (booting) komputer melalui Ethernet Card. NetInstall dapat dilakukan pada sistem operasi Windows 95/98/NT4/2000/XP.
Mikrotik Disk Maker; membutuhkan beberapa buah disket ukuran 3,5″ yang nantinya akan disalin pada hard disk saat instalasi dilakukan.

Adapun persaratan minimal komputer yang dibutuhkan untuk Mikrotik adalah sebagai berikut:
Menggunakan prosesor setidaknya 100 MHz atau lebih seperti Intel Pentium, Cyrix 6X86, AMD K5 atau prosesor yang lebih baru dari Intel IA-32 (i386). Ingat penggunaan lebih dari satu prosesor belum diperbolehkan.
Memori (RAM) minimal 64 Mb dan maksimum 1 Gb.
Media penyimpanan (Hard Drive) menggukana sistem standar Kontroler IDE dan ATA. Penggunaan SATA, SCSI dan USB tidak didukung. Pastikan sisa media penyimpananmu adalah minimal sebesar 64 Mb.
Jika instalasi menggunakan disket, gunakan ukuran 3,5″ pada drive A.
Jika instalasi menggunakan media CD, pastikan standar kontrolernya adalah ATA/ATAPI.
Jika kamu instal melalui LAN, gunakan standar ethernet tipe PCI.


REFERENSI:
Website resmi Mikrotik di : http://www.mikrotik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 

Visitors

Flag Counter