Social Icons

Kamis, 06 Desember 2012

ROUTER



Sebuah perangkat yang meneruskan paket data sepanjang jaringan. Router berperan sebagai penghubung antar dua buah jaringan yang berbeda, umumnya dua LAN atau WAN atau LAN dan jaringan ISP nya. Sehingga, setiap komputer yang terdapat di dalam jaringan tsb dapat mengirim data.


                Router sangat banyak digunakan dalam jarinan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis ini disebut juga sebagai router IP. Selain itu ada juga apple talk router dan masih banyak lagi yang lainnya. Router dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan kecil ke sebuah ajringan yang lebih besar yang disebut dengan Internetwork atau membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa Subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya.

                Router juga dapat mengkoneksikan dua jaringan yang berbeda media transmisinya (seperti router wireless yang media transmisinya menggunakan sinyal radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan sepertinya halnya Ethernet dan Token Ring.

                Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah sebuah Leased Line seperti T1, atau T3 disebut sebagai access server. Sedangkan router yang digunakan utnuk menghubungakan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router.

                Dalam security pengiriman paket data pada umumnya, router memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 

Visitors

Flag Counter